untuk order silahkan sms/WA 0857 2934 1574

ketik : jenis nama barang - alamat lengkap pengiriman.
atau mau ambil langsung juga bisa
Manukan 91, Condongcatur,Yogyakarta
PETA AKSESORIS KAMERA JOGJA

untuk melihat dagangan kami silahkan klick icon disebelah kanan...

mohon maaf harga sewaktu2 bisa berubah,mengikuti kurs dolar.
harga terbaru bisa lngsung sms/WA ke 0857 2934 1574


selamat berbelanja....
salam sukses!!

Selasa, 29 Mei 2012

LED Macro Ring Flash
























ALL NEW!!
READY STOCK!!

~ Meike FC 100 LED Macro Ring Flash ~


Fitur:
- Bisa dipakai untuk cahaya continous, cocok untuk fotografi macro, medical and forensic.
- Terdapat 7 ring adapter 52mm, 55mm, 58mm, 62mm, 67mm, 72mm, 77mm
- Terdapat 32 Lampu LED
- Kuat/ jangkauan cahaya bisa disetel 7 tingkatan

Spesifikasi :
- Temperatur warna : 5, 500 K
- Jumlah lampu LED : 32 butir
- GN : 15
- Sync speed: 1/ 100S
- Jarak Efektif : 5cm - 1.5meter
- Daya : 4 x AA baterei ( tidak termasuk dalam paket)

Kelengkapan :
- 1 bh lampu Meike LED Macro Ring Flash FC100
- 1 bh Power Controller
- 7 bh adapter rings ( 52mm, 55mm, 58mm, 62mm, 67mm, 72mm, 77mm)
- 1 Buku petunjuk
- Berat bersih : 168 gram Berat kotor : 320 gram

nb: kamera dan stand tidak masuk dalam paket
============================================
price Rp.470.000,-
============================================
peminat serius lewat sms aja yah ke
0857 2934 1574
YM : rief.sign

Minggu, 20 Mei 2012

Tips memotret model

foto by Rief Photography

Seorang pemula di bidang fotografi biasanya memulai hasil fotonya dengan objek – objek yang mudah. Salah satunya menggunakan objek seorang model. Di kesempatan ini akan kita bahas sedikit tips untuk memotret seorang model. Kalau kita mendengar kata model, bayangan kita selalu pada sosok wanita yang cantik, muda dan memiliki tubuh yang bagus. Istilah ini sebenarnya salah, karena pengertian model adalah orang yang menjadi objek dalam sebuah foto. Mulai dari bayi, remaja, orang tua sampai kakek nenek. Bahkan seekor binatang pun bisa disebut model.
Untuk memotret model, pertama kita harus mempunyai sebuah kamera. Setiap jenis kamera bisa dipakai dalam pemotretan ini. Sedikit menyinggung tentang alat, untuk pemotretan seorang model idealnya memakai kamera yang lensanya bisa dilepas tukar. Sehingga dalam proses pemotretan kita dapat membuat foto close up dengan menggunakan lensa tele atau lensa zoom. Tapi kalau anda hanya mempunyai jenis kamera pocket atau hanya memanfaatkan fasilitas kamera di handphone anda, itu bukan menjadi masalah.

Untuk memotret seorang model, kita memakai teknik foto close up. Sebuah foto close up adalah foto yang menampilkan bagian tubuh si model mulai kepala sampai bagian pinggang. Selain itu juga adalah istilah ekstrem close up, yang mempunyai arti foto yang menampilkan bagian wajah si model. Bahkan bisa hanya bagian mata saja. Untuk pemotretan ekstrem close up lebih bagus kalau dilakukan dengan jenis kamera yang lensanya bisa dilepas tukar. Dan untuk topik bahasan ini, berfokus pada pemotretan close up dengan menggunakan semua jenis kamera. Karena topik ini lebih mengutamakan bagi anda yang belum paham tentang ilmu fotografi dan ingin belajar tentang teknik fotografi.

Berikut beberapa tips untuk memotret model.

KAMERA
Semua jenis kamera bisa dipakai, baik jenis digital atau konvensional (kamera film) bahkan kamera pada handphone. Apabila kamera anda memiliki fasilitas zoom, gunakan pada posisi zoom atau tele. Sehingga jarak anda dengan model yang anda potret bisa agak jauh. Dan usahakan tidak memotret dengan  lensa pada posisi wide angle (lensa lebar) khususnya untuk pemotretan close up. Karena selain jarak anda dengan model lebih dekat, pada hasil foto wajah model akan terlihat lebih lebar karena distorsi. Contoh efek distorsi bisa dilihat kalau anda berkaca di depan kaca yang berbentuk cembung.

WAKTU
Kalau anda memotret dengan memanfaatkan cahaya matahari atau diluar ruangan, waktu yang ideal untuk pemotretan adalah jam 8 – 10 pagi atau jam 3 – 5 sore. Karena pada waktu – waktu tersebut cahaya matahari masih lembut. Sehingga bayangan yang muncul di bagian bawah kelopak mata, hidung dan leher tidak terlalu keras atau lembut.

PENCAHAYAAN
Arahkan cahaya yang datangnya dari matahari di sisi kanan atau kiri model (teori pencahayaan samping). Kalau cahaya matahari masih belum keras anda bisa menempatkan model dengan menghadap sejajar arah matahari. Hal ini selama mata sang model tidak mengecil karena menahan datangnya cahaya matahari. Untuk mengantisipasi bagian wajah yang lebih gelap karena tidak terkena cahaya matahari, anda bisa menggunakan kertas putih atau kain putih yang dibentang menghadap ke arah bagian wajah yang agak gelap. Kertas putih atau kain putih berfungsi sebagai reflektor atau media pantul dari cahaya matahari. Di bidang fotografi teknik ini disebut fill in light (cahaya pengisi)

Penting : Jangan sekali-kali anda memotret model dengan posisi kamera melawan cahaya matahari (cahaya matahari dari belakang model). Karena pengukur cahaya di kamera anda akan membaca cahaya yang datangnya dari matahari bukan dari cahaya yang berada di area wajah model. Dan foto yang dihasilkan wajah model tampak gelap sementara bagian belakang model terang (siluet).


KOMPOSISI
Tempatkan model pada tengah-tengah frame kamera. Posisikan kamera sejajar dengan model. Jangan terlau rendah atau terlalu tinggi dari model. Anda bisa mengaturnya lewat jendela penglihat (view winder) di kamera anda. Pakai teori what you see what you get. Jadi apa yang anda lihat di jendela penglihat kamera anda, itu yang akan terekam di foto anda.
Untuk model yang memiliki bentuk wajah lebar atau postur tubuh yang gemuk, atur posisi wajahnya agak sedikit serong ke sisi kiri atau kanan. Jangan menghadap lurus ke arah kamera. Hal ini untuk mengurangi kesan gemuk atau lebar pada wajah model. Sehingga gambar pada foto akan terlihat salah satu sisi pipi si model sedikit ramping karena model menghadap sedikit serong ke sisi kiri atau kanan. Karena biasanya setiap model khususnya wanita ingin terlihat lebih kurus ketika difoto.

KOMUNIKASI
Biasanya orang yang kita jadikan model pada foto akan merasa kaku pada waktu pertama kali pemotretan. Untuk mencairkan suasana dan supaya si model merasa nyaman dan santai ketika kita potret, usahakan untuk mengajak si model ngobrol. Kalo perlu lakukan pemotretan dengan ngobrol-ngobrol santai. Biasanya model akan bergaya dengan santai setelah ½ jam pemotretan berjalan. Maka dari itu kalau anda memotret model dengan menggunakan kamera film, ½ jam pertama anda memotret dengan kamera tanpa film. Tapi anda berlagak seakan-akan tetap motret memakai film. Setelah anda merasa model sudah rileks dan pose-posenya mulai bagus, baru anda isi kamera anda dengan film. Hal ini dilakukan untuk menghindari film yang terbuang sia-sia karena foto yang dihasilkan kurang bagus. Tapi jangan lupa, lakukan hal diatas tanpa sepengetahuan si model. Sementara untuk kamera digital tidak masalah. Karena file-file yang tidak terpakai bisa dihapus.

Penting : Ketika pada waktu pemotretan ada pose atau gaya model yang kurang bagus,jangan sekali-kali anda berkata “jelek” pada model. Anda bisa mengganti dengan kalimat “Tolong pose lain dong, yang itu tadi sudah…”. Secara psikologis kalau anda mengatakan pose yang ditampilkan si model jelek dengan mengatakannya secara langsung pada si model, model akan merasa kurang percaya diri untuk berpose lagi. Bahkan dia bisa kehilangan mood-nya. Intinya apapun pose yang ditampilkan si model anda bilang bagus, meskipun anda kurang suka. Dengan cara itu si model akan merasa pede dan pose-posenya semakin bagus.

LOKASI
Semua tempat di luar ruangan (outdoor) bisa dipakai untuk pemotretan ini. Asal kondisi cahaya di lokasi yang dipakai cukup terang untuk pemotretan. Contoh lokasi : Taman, perkarangan rumah yang banyak pepohonan rindang, sawah dan lain-lain. Usahakan lokasi yang dipakai tidak terlalu ramai. Karena yang kita tonjolkan dalam pemotretan ini adalah modelnya. Jangan sampai latar belakang lebih menarik dari modelnya. Pilih warna-warna yang teduh atau lembut, misal : hijau, kuning. Jangan mempergunakan warna merah. Karena warna merah lebih kuat daripada warna kulit. Selain itu warna kulit akan terpengaruh dan menjadi lebih pucat atau agak kebiru-biruan.

Sebenarnya masih banyak yang dapat disampaikan di dalam topik ini. Untuk sementara ada baiknya anda pelajari dulu tips-tips diatas. Di topik bahasan yang lain akan kami lanjutkan pembahasan mengenai tips-tips memotret model.

Selamat memotret….


diambil dari berbagai sumber

Jumat, 18 Mei 2012

Tas Kamera

ALL NEW ITEMS!!
 

================================================================

~ BACKPACK CRUISER ~

bahan tidak kaku,halus dan kuat
terdapat spons (bisa digeser/pindah)
yang membuat kamera/lensa anda tetap aman didalam tas.
ada juga raincoat yg berfungsi melindungi tas dari air/hujan.
terdapat tiga kantong utama (atas,bawah dan belakang),
- atas untuk tempat jaket/kaos/dll
- bawah untuk tempat kamera,lensa,flash
- belakang untuk tempat laptop 14"
selain itu ada juga kantong2 kecil di depan,samping dan depan.

tas mampu diisi:
- kamera
- 2 lensa
- flash
- jaket/kaos
- laptop 14"
- tripod
- dll

Ukuran:
Tinggi: 50cm
Panjang: 41cm
Lebar: 16cm

harga Rp.260.000 (diluar ongkir)

kode : CRUISER





























kode : CRUISER ARMY





























kode : CRUISER JEANS





























  
================================================================

~ BACKPACK GEARBOX ~

kode : GEARBOX

BAHAN D300 (biasa buat tas2 gunung/adventure)
terdapat spons (bisa digeser/pindah)
yang membuat kamera/lensa anda tetap aman didalam tas.
ada juga raincoat yg berfungsi melindungi tas dari air/hujan.

sekat bisa dilepas2 dan flaxibel sekali.
terdapat kantong pada belakang tas untuk tempat laptop 15"

tas mampu diisi:
- 2 kamera
- 5 lensa
- 2 flash
- jaket/kaos
- laptop 15"
- tripod
- dll

DIMENSI 45 X 30 X 15 CM

harga Rp.260.000 (diluar ongkir)








================================================================

~ SHOULDER BROWN ~

code : BROWN
tas untuk para fotografer amatir maupun proffesional
bahan tidak kaku,halus dan kuat
terdapat spons (bisa digeser/pindah)
yang membuat kamera/lensa anda tetap aman didalam tas.
bahan dan desain tas sangat casual,
cocok juga ditenteng buat jalan2,
kekampus ataupun buat kekantor.
 
DIMENSI:
Panjang 40cm x Lebar 14cm x Tinggi 27cm

Muat 1 kamera + 2 lensa + 1 flash + Notebook 14"

harga Rp.240.000 (diluar ongkos kirim)



 

================================================================

~ SHOULDER QUICKBAG  ~

code : QUICK
bahan kanvas
ukuran tas 30 x 25 x 15 cm
Tas ini mampu memuat
- 1 body kamera DSLR
- 2 lensa
- Flash
- Ipad/Iphone
- CF,USB,Baterai,filter,dll
- dll
- free raincoat

harga Rp.170.000 (diluar ongkos kirim)





================================================================

~ SHOULDER GRIP ~

kode : GRIP
BAHAN D300 (biasa buat tas2 gunung/adventure)
ada juga raincoat yg berfungsi melindungi tas dari air/hujan.

tas mampu diisi:
- 1 kamera+BG (bateregrip)
- accesories kamera


harga Rp.120.000 (diluar ongkir)






================================================================

~ HEIGER BAG ~

kode : HEIGER
BAHAN D300 (biasa buat tas2 gunung/adventure)
terdapat spons (bisa digeser/pindah)
yang membuat kamera/lensa anda tetap aman didalam tas.
ada juga raincoat yg berfungsi melindungi tas dari air/hujan.

panjang 26cm,lebar 15cm,tinggi 19cm
bordir EOS DIGITAL dan NIKON ready

tas mampu diisi:
- 1 Kamera + BG
- 2 lensa
- 1 flash
- acesoris kamera/lensa

harga Rp.140.000 (diluar ongkir)




























================================================================

~ SHOULDER PASS BAG ~

kode : PASS BAG

bahan kuat di jamin mantap,jahitan pun rapi
spons tebal membuat kamera dan lensa aman didalam tas
(desain dan warna mngkin bisa sdkit berubah trgantung stock bahan yg tersedia)

tas mampu diisi:
- 1 kamera + lensa tele

harga Rp.80.000 (diluar ongkir)






























================================================================



Kamis, 17 Mei 2012

PIXEL - KING 2.4Ghz TTL Wireless Trigger for CANON/NIKON

READY STOCK!!
ALL PRODUK NEW!!

~ PIXEL - KING 2.4Ghz TTL Wireless Trigger for CANON/NIKON ~
 
WIRELESS SYSTEM
System model : FSK 2.4GHz Wireless System
Operation Range: 100M above
Channel: 7

PROPERTIES
Flash mode: E-TTL,TTL,M
Synchronous mode : Former shade, high-speed synchronization
Operation Range: 100M
Group control :
Three categories (7 kinds of mode)
Synchronous speed: 1/8000S
Compatible with flash: Airborne flash light, shadow room lights, outdoor flash light

Currently, the hot shoe on the Tx unit blm function at all (cosmetic).
Will be enabled sometime in the latest firmware.


TRIGGER MODE
Transmitter : Output support TTL mode, input support PC, hot boots triggered
Receiver: Output support TTL, support hot boots, cable interface triggered

INTERFACE
Transmitter : USB, PC cable input socket, hot boots input and hot boots output
Receiver: USB, PC cable outlet, hot boots output

POWER SUPPLY
Applicable battery : TX : AAX2pc (support 1.2 V rechargeable batteries)
RX: AAX2pc (support 1.2 V rechargeable batteries)
Standby Time: TX : 5 Years
RX: 250 Hours
Working Time: TX: 100 Hours
RX: 120 Hours

INCLUDED ITEMS
King transmitter: 1pc
King receiver: 1pc
connecting cable(BL-1/2) : 1pc
connecting cable(BL-3.5) : 1pc receiver holder : 1pc
hot shoe protector : 1pc
Instruction manual : 1pc
Stand
Bag

lebih lengkap baca preview ini
preview


Saat ini, hot shoe di Tx unit blm berfungsi sama sekali.
Akan difungsikan suatu saat nanti di firmware terbaru.
Rp.1.500.000

========================================================

peminat serius lewat sms aja yah ke
0857 2934 1574
YM : rief.sign








Minggu, 13 Mei 2012

T-Shirt / Kaos Fotografi

READY STOCK!!!
LIMITED EDITION!!!  

spesifikasi:
- Cotton Combed 24-30s Grade A (halus,adem dan ga panas dipakai)
- Jahit Rantai
- Size Available : S, M, L, XL

M: 68x48
L: 72x51
XL: 74x54

Harga Rp.80.000,-
(diluar ongkos kirim)
format SMS order ( code baju? - ukuran? - alamat pengiriman? )
================================================



T-shirt code: "gatotkaca" (kaos hitam)



























T-shirt code: "astronot" (kaos hitam)



























T-shirt code: "sleep click" (kaos putih)




























T-shirt code: "brain" (kaos hitam)



























T-shirt code: "history" (kaos warna navy blue)



























T-shirt code: "history B" (kaos warna navy blue - abu2 misty)



























T-shirt code: "money" (kaos abu-abu misty)




























T-shirt code: "money B" (kaos navy blue)



























T-shirt code: "cameraman" (kaos abu-abu misty,lengan merah dark)
 
 

























T-shirt code: "fullcam" (kaos warna navy blue)  



























T-shirt code: "pacar B" (kaos warna hitam)  



























T-shirt code: "pacar" (kaos warna putih)
 


























T-shirt code: "weapon" (kaos warna hitam) 



























T-shirt code: "tellme" (kaos warna krem) 



























T-shirt code: "god" (kaos warna krem)



























T-shirt code: "indonesia" (kaos warna hitam)



























T-shirt code: "apapun" (kaos warna abu-abu)



























T-shirt code: "apapun B" (kaos abu-abu misty,lengan merah dark)



























T-shirt code: "apapun C" (kaos warna hitam)



























T-shirt code: "apapun D" (kaos warna hitam)



























T-shirt code: "tangkap" (kaos warna putih semu krem)



























T-shirt code: "wild photography" (kaos warna krem)



























================================================
================================================

Rabu, 09 Mei 2012

tips memotret prewedding





















foto by:
Rief Photography

Berikut ini adalah tips yg dapat anda gunakan untuk memperoleh foto pra wedding yang bagus:

Tempat
Jika anda melakukan foto pre wedding outdoor, maka tentukanlah lokasi yg anda sukai. Apakah itu pantai, gunung, gedung2 tua, perkantoran modern, hotel, cafe dll.
Jikalau lokasinya cukup jauh ada baiknya anda meluangkan waktu untuk menginap di lokasi yang dekat dengan lokasi pemotretan prewedding. Pilihan lokasi yg tepat akan membantu anda merasa lebih “santai & nyaman” pada saat pemotretan sehingga akan lebih mudah mendapatkan foto pre wedding yang “bagus”.

Waktu
Sediakanlah waktu yang cukup antara sesi pemotretan pre wedding dengan hari h anda, paling tidak sekitar 1 bulan sebelum hari pernikahan anda. Karena melakukan pemotretan prewedding biasanya dilakukan 1 hari penuh dari pagi sampai sore dan hal ini akan cukup menyita energi anda.
Untuk mendapatkan pre wedding photo outdoor yang bagus biasanya fotografer anda akan menyarankan agar dimulai pagi hari sekali, sekitar pukul 7.00 atau 8.00.
Namun untuk konsep foto pra wedding outdoor tertentu, mungkin anda disarankan untuk memulai pemotretan setelah subuh, sekitar pukul 4.30 pagi.
Kalau pemotretan foto pra wedding outdoor dilakukan terlalu siang mungkin cuaca sudah terlalu panas sehingga expressi foto pra wedding anda juga akan kurang maximal akan lebih sulit mendapatkan expresi yg natural & fresh.
Jika anda melakukan pemotretan foto pra wedding di tempat wisata sebaiknya lakukan pemotretan di hari kerja karena umumnya tempat wisata akan lebih sepi dan anda juga akan merasa nyaman.
Sebaliknya jika anda melakukan pemotretan di sekitar gedung perkantoran lakukanlah di akhir pekan.

Style foto
Biasanya setiap orang memiliki selera yang berbeda beda apakah romantic, classic, life style ala foto model, ataukah fun. Beritahukan kepada fotografer anda style apa yang anda inginkan untuk foto pra wedding anda sehingga akan tercipta foto pra wedding yang sesuai dengan style dan kepribadian anda.
Enjoy your pre wedding photography and be your self natural expression
di ambil dari berbagai sumber.

Senin, 07 Mei 2012

Fisheye Converter

 
























ALL PRODUK NEW!!

FISHEYE CONVERTER
harga Rp.500.000,-

.optik udah multi coated made in japan
.bahan full metal
.ada vignet dipinggir obyek
.ada pengurangan ketajaman (sample hasil dibawah)

kelengkapan:
.Fisheye Converter
.Rear/front Converter
.Soft Pouch
.Cleaning Cloth (persediaan terbatas)
.Box

untuk sementara hanya tersedia ring ukuran 58
dan untuk ring ukuran 52 bisa ditambahkan step 52-58 (ready)


================================================================

sample hasil foto







AF-D 80-200mm F/2,8 GEN II

~ AF-D NIKKOR 80-200mm F/2,8 GEN II ~

kondisi kaya difoto yah...
optik no jamur,no fog
hasil otomatis masih makyuus dan tajeeemm
semua fungsi normal

kelengkapan unit lens,front/rear lens,plus hood ori
harga Rp.5.300.000,-
yang mau tuker tambah juga boleh :)

peminat serius lewat sms aja yah ke
0857 2934 1574
YM : rief.sign

untuk kepuasan pembeli saya beri
garansi fisik 1 hari dan 3 hari untuk fungsi setelah barang diterima

mau COD hayuuk aj di
jln.manukan 109 (utara terminal condongcatur) Jogja

maturnuwun...





Jumat, 04 Mei 2012

Tips Merawat Kamera Digital

Siapa yang tak kenal dengan kamera digital? Bagi sebagian besar orang mungkin sudah tak asing atau bahkan sangat membutuhkannya dalam mendukung pekerjaannya sehari-hari, layaknya kebutuhan akan perangkat komunikasi. Walau sudah sangat mahir dalam menjalankan atau mengoperasikannya, namun tak semua dari para pengguna kamera itu mengetahui bagaimana cara merawat kamera dengan benar agar terhindar dari kerusakan dan berumur panjang. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan kamera, agar kamera bisa berfungsi dengan baik dan maksimal serta berumur panjang :
1. Jauhkan dari Kapur Barus
Kapur barus termasuk benda perusak yang sangat ‘ampuh’ terhadap kamera, yang dapat menyekat-nyekat kamera dan bagian kamera yang lain, yang berbahan dasar karet. Pada kamera elektronik, kapur barus bisa merusak jalur pada PCB (Printed Circuit Board), yaitu tempat chip-chip kamera terpasang dan beberapa elemen chip itu sendiri. Bahka uap kapur barus itu juga dapat menodai dan membuat ‘flek’ pada lensa.
Sebaiknya, simpanlah kamera di tempat yang kedap udara, sejuk dan kering. Jika harga lemari khusus untuk penyimpanan kamera terlalu mahal bagi anda, anda bisa mencari media penyimpanan alternatif sebagai penggantinya. Seperti misalnya, anda dapat menyimpan kamera dalam stoples yang tertutup rapat dan di dalamnya diberi silica gel, untuk menyerap kelembabannya.
Atau, anda bisa juga menyimpannya dalam lemari yang telah diatur sirkulasi udara dan kelembabannya. Caranya, dengan memasang lampu berkekuatan 5 watt dan diletakkan pada jarak kurang lebih 40 cm di atas kamera dan perlengkapan yang lainnya. Jangan lupa untuk membuka pembungkus kamera dan membersihkannya dari debu sebelum menyimpannya.
Ingat, kerusakan kamera yang diakibatkan oleh kapur barus biasanya tak bisa diperbaiki lagi. Maka, jangan sekali-kali menyimpan kamera di dalam lemari apapun yang telah diisi kapur barus atau kamper pengharum pakaian.
2. Hindari Kontak Langsung dengan Sinar Matahari
Jagalah kamera agar jangan sampai terjemur atau terkena cahaya matahari secara langsung dan berlebihan. Panas yang tinggi dapat merusak bagian-bagian kamera yang terbuat dari plastik dan karet, serta komponen elektronik yang lainnya.
3. Jagalah dari Goncangan yang Berlebihan
Jangan lupa untuk menaruhnya di dalam tas khusus kamera, guna menghindari guncangan yang berlebihan dengan lingkungan luar maupun benturan antar peralatan. Taruhlah kamera di tempat yang aman dan tahan terhadap guncangan.
4. Bersihkan Kamera dan Lensa
Sebaiknya kamera dibersihkan seminggu sekali atau secara teratur dan berkala. Untuk bagian luar fisik kamera, gunakan lap kering yang bersih dan tak kasar. Sedangkan untuk bagian dalam dan elemen-elemen kecilnya, gunakan blower atau peniup yang banyak dijual di toko kamera. Selain blower, juga bisa digunakan kuas berserabut halus, yang belum pernah dipergunakan pada benda yang lain. Untuk membersihkan lensa yang terkena noda, misalnya terkena jari yang berminyak atau air keringat dari pemakai, pakailah tissue khusus yang banyak dijual di toko
5. Hindari Goresan pada Lensa
Untuk menghindari goresan, sebaiknya lensa mempunyai filter ulir yang terpasang permanen di bagian depannya. Filter yang umum menjadi pelindung adalah jenis filter UV (Ultra Violet) atau filter skylight. Sedangkan untuk menghindari goresan di bagian belakang lensa, usahakan selalu memasang ‘bodycup’ penutup saat lensa dilepas dari badan kamera
6. Hindari Air Laut
Jika anda menggunakan kamera di pantai, jagalah agar kamera tak terkena air laut atau bahkan jatuh ke dalamnya. Air laut sangat jahat dan penyebab karat yang potensial terhadap kamera ataupun perangkat elektronik yang lainnya. kecuali yang memang dirancang untuk bisa beradaptasi dengannya.
Sehabis digunakan di daerah pantai, pembersihan kamera wajib dilakukan sesegera mungkin. Uap air laut seringkali meninggalkan butir-butir garam yang menyebabkan karat pada kamera. Jika suatu saat, tanpa sengaja kamera anda tercebur ke dalam air laut, langsung rendam kamera anda ke dalam air tawar, kemudian bilaslah berkali-kali untuk menghilangkan bekas-bekas air laut.
Proses pengrusakan oleh air laut berlangsung sangat cepat dan dalam hitungan menit setelah tercebur, sehingga bila pembilasan air ini tidak dilakukan sesegera mungkin, kamera yang tercebur ke dalam air laut tak akan bisa diselamatkan. Setelah dibilas hingga bersih dari air laut, bawa segera ke ahli servis kamera untuk membersihkannya dan mengeringkan kamera tersebut.
7. Hindari Benturan Secara Langsung / Jatuh.
Pastikan kamera digital anda tersimpan di tempat yang aman, tidak terlalu tinggi, tidak dipinggir meja, atau tempat-tempat lainnya yang dapat menyebabkan kamera digital anda terbentur atau jatuh.
8. Service di Tempat Terpercaya atau Resmi
Secara berkala, dalam kurun waktu tertentu, sebaiknya kamera digital diservis ke tempat khusus, terpercaya dan malah lebih bagus yang resmi. Jangan tunggu kamera rusak kemudian baru diservis. Servis yang dimaksud adalah ‘servis besar’, yang meliputi pembersihan bagian dalam kamera, seperti pembersihan lensa dari jamur yang menempel atau juga penyesuaian setelan-setelan utama kamera.
Jangan terlampau sering mencuci lensa atau membersihkan bagian dalamnya bila berjamur. Kaca lensa begitu peka. Makin sering dibersihkan, dapat mengakibatkan mutu gambar akan menurun. Untuk menjaga dan merawatnya, sebaiknya jangan disimpan di lemari pakaian anda, karena hal itu akan berpotensi mengundang jamur yang menempel di lensa bagian dalam kamera.

dari berbagai sumber